Korsel Dan Cina Rebut Soal Kimchi?

Para pengguna media sosial Korea Selatan dan China Kembali lagi bersama Terus setelah Negeri tirai bambu tersebut mencoba mengklaim bahwa hidangan pendamping Iconic Kimchi adalah miliknya. Seperti yang kita ketahui bahwa Kimchi adalah makanan pendamping yang terbuat dari sayuran seperti misalnya kubis dan juga sawi putih yang difermentasi. Selama ini Sepertinya kita ketahui quincy dikenal bagian dari masakan khas dari Korea Selatan.

Cina Dan Korea Ribut Klaim Kimchi

Akan tetapi baru-baru ini China pasalnya mengklaim bahwa mereka mendapatkan sertifikasi toto togel online dari international organization for standardization (ISO) terkait dengan pembuatan pao cai, yaitu sebuah makanan sejenis yang dinilai oleh Cina sebagai asal muasal dari kimchi. Dan baru-baru ini memang ISO merilis sebuah aturan dan juga standar baru terkait dengan proses produksi sampai dengan penyimpanan dari Pao Cai. Pihak berwenang dari provinsi Sichuan, China, Disebut sedang melobi supaya bisa mendapatkan sertifikasi standar baru itu.

Walaupun ISO dengan jelas berkata bahwa standar baru ini “ tak berlaku untuk kimchi,” media China mengklaim bahwa aplikasi ini adalah  standar baru dari pembuatan kimchi. Koran tabloid pemerintah Cina yaitu Global Times, Berkata bahwa sertifikasi ISO tersebut “ standar internasional untuk industri Kimchi  yang dipimpin oleh Cina.” 

Netizen Dan Pemerintah Korsel Sepakat Ini Tak Masuk Akal Dan Tak Ada Hubungannya Dengan Kimchi

Dikutip dari CNN Indonesia, ternyata penyebutan kata Kimchi itu malah memicu amarah dari warga Korea Selatan yang menganggap bahwa Cina berusaha untuk mengklaim asal muasal dari kimchi. Padahal seperti yang mereka ketahui bahwa sertifikasi ISO tersebut berlaku untuk Hidangan Pao Cai. “ sangat tidak masuk akal, dasar pencuri yang mengambil budaya kami,”  ungkap seorang netizen Korea Selatan pada situs portal Negeri tirai bambu, Naver.

Tidak hanya dirinya saja tapi ada warga negara Korea Selatan yang lainnya yang datang dari Seoul, bernama Kim Seol-ha, ia mengatakan bahwa klaim tersebut pasalnya aneh. “ saya membaca sebuah artikel media yang menyatakan bahwa Cina sekarang menganggap Kimchi adalah milik mereka, dan mereka membuat standar internasional untuk itu. Itu tidak masuk akal,” ungkapnya.

Bahkan media Korea Selatan juga menganggap bahwa sikap “kurang ajar” Cina yang mau mengklaim bahwa Kimchi menggambarkan lihat dari negeri tirai bambu untuk “ menguasai dunia.”

Tidak hanya netizen saja Bahkan pemerintah lewat Kementerian Pertanian Korsel pun juga turut berkomentar tentang klaim Cina atas kimchi itu.  Korea Selatan sendiri menegaskan bahwa standar ISO yang didapatkan oleh Cina baru-baru ini “ ini tak ada hubungannya dengan kimchi.” 

“tak pantas untuk menyebut (pao cai memenangkan ISO) tanpa membedakan antara Kimchi dan pao cai dari Sichuan,” begitulah bunyi dari pernyataan Kementerian Pertanian Korsel.

Tanggapan Dari Netizen Cina

Sementara itu tidak mau ketinggalan netizen dari Cina juga menganggap bahwa mereka mempunyai hak untuk mengklaim Kimchi sebagai hidangan asli dari negaranya karena banyak Kimchi yang dikonsumsi rata-rata sebanyak 2000000 ton per tahunnya di Korea Selatan yang berasal dari Cina. 

“Nah jika anda tidak memenuhi standar maka anda bukan kimchi. Bahkan pengucapan Kimchi berasal dari bahasa Cina, apalagi yang perlu dikatakan?” Ungkap seorang netizen dari Cina pada platform media sosial Cina, Weibo.  Perdebatan Kimchi yang berlangsung antara warga Korea Selatan dan China ini berlangsung tidak lama setelah kedua warga negara pun berdebat tentang pernyataan kontroversial dari boyband BTS.